Daftar Isi

Senin, 29 November 2010

NASKAH DRAMA UNTUK 5 ORANG



Bagi yang butuh naskah teater..nh ada naskah teater yang bias di pake oranhg banyakk….liatt aja langsungg..tinggal copas..hho



NASKAH TEATER SMANSA        ‘80

SCENE I


( Latar:Disebuah ruang kelas yang kumuh dan tidak terawat lagi,..pada menit-menit terakhir bel masuk kelas )
( di kelas terdapat kebiasaan murid-murid smansa yang tidak penah berubah dari dulu hingga sekarng....NYONTAK Pe Er )


(bonyok datang terburu-buru memasuki kelas,,dengan muke kusutt dan tampang bonyoknya )

Bonyok  : alahh woyy..ade p r ke????...
Ulil        : Ade aa boyy ..ko tengok pe er fisika nh..bejibun die punye         soal..saketta kau...kau kmane tdi malam???
Bonyok  : Hhehehe ...aku bantu mama aku buat klepon tadi malam..
Ulil        : HHahaha muke-muke kau nak bntu orang tue..paling kau   ngapel si 'F'....
Bonyok  : Shuttt diam wak,,,bahye wak kau ngomongkan tuh..

( tetttt tett teeeeeeeeeeeettttttttt bel tande masok sekolah bebunyi..murid-murid pade sbokk nyelesaikan contakaan pe
er fisika ....tibe-tibe masokklah bu Asri ke dalam kelas )

( Menyiapkan Murid )

Syahrini                 : SIAPPP !!...HORMMATTTT !!!!
Seluruh Murid        : SELAMATT PAGII BU !!

Bu Asri        : ( membuka daptar absen....mulai ngabsen murid satu persatu )

( semua hadir ...tetapi pas nama jb di sebutt..Jb langsungg nongol dari dpan pintu kelas = telambatt cuiii...)

Jb              :(napas terengah-engah),hhuah huaahh..saya hadir bu???? )
( Suasana kelas riuh menertawakkan munculnya makhluk mistis barusan )
Bu Asri        : Eghh...Sinii kamu !!...kmu ini ngapa terlambat??..pke lari-lari sgala..kayak di kejar"teroris saja...
Jb               : Hhehehehe sepeda ontel saya habis bensin bu..ehh bannya bocorr...

Bu Asri        : alahh kmu,,ngeless saja.. tetep bediri disini kmu..!!

Jb               : (muke melas tertunduk lesu plus malu )
Bu Asri                  : Sekarangg kmu ikuti perintah ibu...
( Senam jari Si Tomi )
( Suasana kelas riuhh )

( Setelah si Jb Menyelesaikan hukumannya )
Bu Asri        : Sudahh..kembali ke habitatmu sana...

(Jb berterima kasih dan pergi menuju tempat duduknya )



Bu Asri        : kemarin kita sudah membahas tentang gastrue atau mimik wajah dan olah vokal..jadi sekarngg ibu akan bagikan
secarik kertas ini..(sambil mulai membagikan kumpulan secarik kertas tersebutt )

( Kertas sudah di berikan semuee )
Bu Asri        : Nah ..di situ sudah ada potongan peran ..jadi tugas kalian adalah melakukan adegan yang sudah saya
tulis di kertas itu..

( Suasana kelas Hebohh...)
Ulil              : ( Complenn ) ..alahh bu..kmek dapatt peran cewekk bu ..tukar lha bu???...

( Nyelapp ketawa budag sekelas )
Bu Asri        :..sambil ketawa kecil..ibu tdak mau tau.kata-kata yang ada di kertas boleh di tambah-tambah
tetapi tidak boleh di kurangi,,jelas???.yang dapatt perann ..harus dalemi perannya..klo dapat peran transgender
gitu berarti udah nasibb kmu...
Ulil              : (senyum tak nyaman kasi kucingg ) ..hmm ye la dah bu..
Bu Asri        : Ya uwd ..saya kasi waktu 5menitt buatt ngpall..truss nanti akan saya panggil satu persatu
lewatt absenn        ..

( Ngapal naskah Mode:on )

Bu Asri        : nahh..uwda 5mnitt..uwda siapp blomm???
All MUridd   : ..hhuaaaaa BELOMM BU...????
Bu Asri        : .hmm jadi peraturan x ..klo sekali salah ibu suruh ulang lagi..lau kedua berarti itu uwda di masukkan
Ke nilai kamu...hmm giliran pertamaa....hmmm Jb marubi..untuk siap-siap irwansyah..
Jb               : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Irwansyah    : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Maimunah     : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Syahrani      : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Hanna          : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Bonyokk       : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Ulil              : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Ca'ie            : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Bu Asri        : Hmm selanjuttnya edo ..bersiap"dhani..
Edo              : .. ( muke tampangg demamm bedarah..alahh bu..kmek gy tdak bse aktingg..
Bu Asri        : ohh kmu sakit ya..ya udah nanti kmu nyusull saja..
Edo              : Sipp bu ( muke segar )..ettt iy lah bu ( melass agy )..
Bu asri         : Selanjuttnya Dhani bersiap"siska
Dhani           : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....
Siska           : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....

Nurul           : Maju ke depan kelas,,,( mulai actingg ).....

( tettt teeetttt ....bell ganti pelajarann )
BU Asri       : sekiann dari saya ..wasssalammmmmmmmm





SCENE II

( Baru sedetik bu Asri ...masukk lah guru biologi pak jahadi...)

Syahrini       : SIAPPP !!...HORMMATTTT !!!!
Seluruh Murid: SELAMATT PAGII pak !!
Pak Jahadi   : assalamualaikum wr wb .....
All Murid     : waalaikum salam wr wb..kecuali siska..hhe :D

Pak Jahadi   : (Mulai Ngabsenn )...
Pak Jahadi   : haa sampai kmana kita ???....
All Muridd    : Transfusi darah pak...
Pak Jahadi   : ha jadi seperti yang sudah kita ketahui ,,ada berapa mcam golongan darah kmarin???
Bonyokk       : Gol darah ABO dan rhesus pak!!
Pak Jahadi   : yakk ...truss yang menemukan golongan darah siapa kmarinn??
BOnyok        : Carll Lensteiner pak???
Pak Jahadi   : Yakk baguss sekali.....jadi transfusi darah di perkenalkan karena pada saat perangg dunia bla bla bla
bla bla bla.....
( Baru berapa belas menitt pak jahadi menjelas kan....dhani dan irwansyah plus Siska mulai nganderr karena bosan pelajaran
pak jahadi yang menurut mereka sangat sangat membosankan )


( tiba-tiba bapak mulai risih dan mulai naik darah )
Pak Jahadi   : KLO MAU BCANDA BGUS DI LUAR SAJA SANA !!!..

( Suasana kelas hampa ..semua mata tertuju pada mereka bertiga ..tetapi mereka tak sadar karena ngasekk nganderr)
Pak jahadi    : Siska ??!!..KMU KELUARR..klo mw ngomongg di luar saja sana..mengganggu saja..
Siska           : ( baru sadarrr ) ...&*^^%%#$@%^(...
Pak Jahadi   : Kmu keluar siska...tuh juga..kalian bertiga coba keluar...??!!
Trio kwekk" : Sun Tzi Sen Yapp...
Pak Jahadi   : Kalian bertiga Keluar !!!!!!!

( Trio kwek kwek mulai keluar dengan muke wajah yangg kusutt menahan malu ... )

Pak Jahadi   : ,,hhaa kita lanjutkan ,,, jadi karena terjadi penggumpalan antara aglutinin dan bla bla bla ...



( tetttt tettt ...... Bel Istirahatt berbunyi... )

Pak Jahadi   : hmm ya sudah ,,kalian nampaknya udah pengen ngeburu kantin bakso semua..ya sudah..sekian
pelajaran hari ini wasssalamualaikum wr wb..ohh iya trio kwek kwek tadi,,suruh mereka untuk nghadap bpak skarang.
All muridd    : waalaikum salamm wr wb ..dan untuk kali ini siska tidak ikut lagi ,,hhe :D



( BREAKKK )

( suasana kelas amburadulll...Jb dan syahrini pegy ke kantin ....widya dan nurul pegy ke perpus..sementara yang lain
tetap di kelas untuk ngelanjutin nyontag pe er fisika.. )
( Trio kwek kwek masuk )
Bonyokk       : HHahaha ttu a kitakk..nganderr agy pas pelajaran jahadi..merase kitak

( anggap bonyokk angenn lalu..dhani and irwan ambek papan cator,,siska lanjut ngerjekan pe er
meninggalkan kelas. )

Ulil              : Boyy..kwankan aku ke kantin yokk???
bonyokk       : alahh wakk..aku blom selesai nyontak fisika nh wak..kau jak dulu..
Ulil              : hmm aogg lah ..aku pegy kekantin lok..assalamualaikum...
Bonyokk       : waalaikumsalam... wr wb


( bonyokk pun ngerjekan pe er,,di hinnggapi x hanna kemudian di tarek x buku hanna dengan kasar )

Bonyokk       : ee booyy..pinjamm lokk..aku belum selesai nh..???
Hanna          : ..iiiiiihhh..kembalikaannn..??,,
Bonyokk       : alahh pelitt x bentar be boy..
Hanna          : iii blum selesai ituuu....



( meliatt kejadian itu dhani berubah menjadi superhero..ia datngi bonyokk and merebutt buku hanna yang di pe
gangg bonyokk )

dhani           : ee tadak bisee gituu wakk..kau klo nag minjamm th baekk "...( ngasikkan buku ke hanna )
Hanna          : trima kasihh ya dhann ^,^ ....( gaye kayak di selamatin superhero )
bonyokk                 : alahh,,kau nh nag sok jadi pahlawan ye..mau kau th apee ?? ( ngangkatt kerahh bju dhani ..ngajagg kelai )


( Adegan Panas Terjadi ...Pertandingan tinju chris john VS steven gerrardd )
         

( Perkelahian mereka terhenti karena bunyi bell tanda istirahatt telah habis.... )

( muriid-muridd masukk dan ganti bju buatt ngelaksanakan pelajaran olahraga )





SCENE III


( di parkiran ... bonyokk inh\gin melaksanakan niatt jahattnya bersama irwan karena tidak suka me
tingkah si dhani yang sokk pah lawann )



Bonyokk       : heii kawann,,,kesaall aku nengok gaye si dhani th..sok pahlawan,,dengan cewekk agy th..me syahrini
pn gtu ugag..lau me cowokk,,tdakk die mau kyakk gtu thh..geraammmmmm aku..klo tdak bebunyi bel tdi th
udah jadi bonyokk prakoso kali die th..
Irwan          :Btol boyy..
Bonyokk                 : ttu la ,,rase nag ku bonyokkkan muke die tuh..
Irwan          :Btoll boy..
Bonyokkk     : aogg ttulaa
Irwan          :Btoll boy..
Bonyokk                 : Ndakk e kau nh..dari tadi te betoll" jak..ngomongg gag lah,,ngasi saran ke??
Irwan          : Aogg boy..ehhh sori boy,,hmmm ape yee..hmm gmane klo kite curi kuping telinge ehh kuping helm
helm die tuhh..biar cacat gag helm die tuh..gmane???
Bonyokk       : Haaaaa boleee tuh...bole bole bole ,,,,emangg kau nh best prett aku??
Irwan          : ape ????...bestt prett???,,,,best prendd woy!!
Bonyok         : haa maksudd aku th itu..ha yokk lets do itt
Irwan          : Sipp bro !!..



( Bonyokk dan irwan pun mulai mempreteli helmm dani...di cabott x kupingg helm th..di lepaskan x stiker x ..pokok x
di ancaikan x ,,,klo ade gigi helm pun di cabott x kali,,hhe :D )


Bonyokk       : HHahahai rasekan kau!!..make x jangan nag sokk jadi pahlawan depan aku,,rasekan nh..
Irwan          : hhahaha sipp..yokk kite cabutt...


( mereka pun meninggalkan TKP dengan diam" dan kembali olahraga..tetapi tanpa sengaja syahrani yang sebagai ketua
kelas melihat peristiwa itu secara mendetail..lalu ia pun pergi meninggalkan TKP )
         




SCENE IV

( di dalam kelas se usai pelajaran olahraga..para muridd telah mengganti pakaian dan kembali memasuki ruangan kelas_)


( tak lama guru fisika pak tresno masuk ke kelas )


Syahrini       : SIAPPP !!...HORMMATTTT !!!!
Seluruh Murid: SELAMATT SIANG PAKK !!

Pak tresno   : assalamualaikum wr wb...
All muridd    : waalaikum salam wr wb...and biasa kecuali siska,,hhe

Pak Tresno   : hmm dengarkan bapak baik",skolah kita sekarang,sdang marak dengan yang namanya kasus pencurian
helm ,..kemarin pak yanto telah mengumumkan bhwa apabila kasus tersebutt masih terjadi maka proses
KBM atau kegiatan belajar akan di hentikan sampai pelakunya melapor dan mengaku..dan tadi ada yang
melapor ke saya...dhani t d ya??
Dhani                    : btull pak!!
pak Tresno   :..ya dia telah kehilangan kupingg helmnya..jadi siapa pun yang tahu,,atau melihatt pelaku..maka
jangan takut"..ini tanggung jawab kita bersama..jadi jangan takutt akan di ancamm..beritahu me bpak
atau guru lain,,insya allah rahasia akan kami jamin...di sini ada yang tahu tentang kasus ini...
All murid      :hmmmmmmmmmmm ( diammm semuaa,kecuali irwan yang gelisah dan berkeringat)

Pak tresno   : ( memperhatikan irwan )..kmu knapa irwan,kog berkeringat gtu???
Irwan          : hmmm ti ti tidakk pak..anu anu ..abis olahraga tadi...

Pak Tresno   : ohh ya sudah...sekarangg kalian bebas...belajar sendiri"...saya th orangnya malas untuk ngawas"
th..maka x saya gag pnah jdi pengawas ulangan..saya paling tidak bisa duduk duduk gag ada kerjaan
kyak gtu......

( Pak tresno keluar )

Irwan          : HMMM nyokk???,,gmana nh nyokkk???,,aku takutt kite ketauan..
Bonyokk       : hhahahaha santai kawan ...everything is gonna be okay kawan
Irwan          : hmm okelah awas klo ada apa apa..
Bonyok         : tenangg kawannn

( tetttt tettt tetttt,,,bel berbunyi....sekolah pun usai dan para muridd kembali ke humz masing"... )





SCENE V


( di kelas hebohh dengan kasus helm dhani,,,di mana-mana semua murid sedang membicarakan permaslahan ini..
demikianpun si bonyok yang pura-pura sibukk begossip agar kedokk e t          idakk ketahuann... )



Jb               :hemmm siape la yang ngambek kupingg helmm  tuh??...nyari penyket kali
ktahuan pak dul..sakett die..bise" di keluarkan....
Syahrani      : aog aog aog
hanna           : aog aog aog
MAimunah    : aog aog aog

Bonyokk       : hmm iye ke?? (muke takott)..alahhh palingg phak sekolah diam-diam
kayak dulu si syahrani hlang ontel x ..


( Baru si Jb mau ngomongg..tett teeeeeeettt bel masuk sekolah bedenting,,pak tresno
masuk )




Syahrini       : SIAPPP !!...HORMMATTTT !!!!
Seluruh Murid: SELAMATT PAGII PAKK !!
Pak tresno   : pagi smua ...ada yang gag masukk??
All muridd    : Gag ada pakk..
Pak tresno   : hmmmm ya sudah ...hmmmm dengarkan semua..setelah nggag lama kasus kuping helm tersebar..
alhamdulillah sudah ada yang ngelapor dan ketauan siapa pelaku kejadian kasus ini sebenar x...

All muridd    : ( bertanya-tanya ) siapa?? siapa pak???
Pak tresno   : kalian tidak perlu tahu ...sebentar lagi kalian akan tahu   sendiri...jadi bapak gag akan mberi tahu
tapi bpak akan beri waktu setenmgah jam untuk menunggu     pelaku x ngaku...klo tidak ada..dengan
terpaksa akan kami panggil and akan kami beri sanksi...

( seluruh murid hebohh,,bonyokk ngomong )

Bonyokk       : btoll pak.....kte hukum orang tuh seberat-beratt x ..supaye    die kapokkk
( suasana kelas kembali riuh…pak tresno keluar kelas ..)


( pak tresno masukk……….suasana kelas sepi.. )


Pak tresno   : hmm bonyok dan irwan mana???
Bonyokk       : Saye pak…ade ape pak??
Pak tresno   : kmu ikut bapak sekarangg…??

( Suasana kelas kembali riuh …tiba tiba terjadi keributan di lapangan….Bo
Nyok dan irwan berdiri di atas meja dengan satu kaki..dan di dadanya tertulis “ PENCURI KELAS KCEBONG,,PNCURI KUPING HELMM “
          ( Suasana muridd menjadi sangatt riuh..keaddaaan tak terkendali..)

          Ulil: Ohhh ..rupe e kau dalang di balik smua kasus ini???

          ( irwan dan Bonyokk tertundukk malu…………)

PESAN MORAL : Sepintar-pintarnya kita menyembunyikan  bangkai..pasti
                           Akan ketauan juga,,sepintar-pintar gajah melompatt..pasti
                           Die tdak pandai-pandai…kejahatan bukan terjadi karena
                          Ada niat dari pelaku..tapi karena ada kesempatan..
                          WASPADELAH…WASPADELAH..!!!

“TAMATT”















0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More